Senin, 23 Maret 2009

Enam Jenis Cinta


Cinta...gabungan 5 huruf yg mengandung berjuta makna. So, kalo perasaan yg dirasakan seseorang nggak seperti definisi cinta yg kamu anut, apakah itu berarti nggak ada cinta di hatinya? Itulah misteri cinta, bagai kabut yg tak tergenggam, karena hanya bisa dirasakan.

EROS : Romantic and Passionate Love
Eros adalah jenis cinta berwujud fisikal, romantis, dan erotis. Para penganut cinta erotis ini percaya, cinta pada pandangan pertama. Mereka juga punya ketertarikan kuat terhadap penampilan fisik disertai emosi dan komitmen kuat terhadap pasangannya. Jenis cinta ini, banyak dialami remaja. Cinta eros menggebu-gebu dan berani ambil risiko. Dalam pacaran, mereka menganggap penting ciuman dan pelukan. Biasanya kehangatannya kamu rasakan sampai tiga bulan pertama. Inilah saatnya, dunia rasanya bertaburkan bunga.

LUDUS : Game Playing Love
Cassanova, si pangeran playboy merupakan salah satu contoh nyata penganut cinta ludus, jenis cinta yg penuh dg permainan, godaan, dan cumbu rayu yg tak ada hentinya. Penganutnya nggak pernah serius dlm soal cinta. Mereka gampang banget bosan dg gebetannya yg sudah "menyerah" setelah berhasil ditaklukkan oleh doski dlm pengejaran tanpa lelah. Positifnya, penganut ludus ini penuh percaya diri. Karena untuk menaklukkan permainan cinta memang diperlukan kepribadian kuat. Mereka harus PD, agar pandai membohongi pasangannya. Jenis cinta ini bersifat dangkal dan mudah beralih.

STORGE : Friendship Love
Witing tresna jalaran saka kulina, pribahasa ini paling pas buat jenis cinta yg tumbuh perlahan, karena melalui pengalaman bersama. Cintanya muncul dari sebuah persahabatan, sehingga mantap, membumi, dan diharapkan dapat bertahan lama. Biasanya, jenis cinta ini dialami oleh mereka yg sudah pacaran selama 6 hingga 12 bulan. Orang sering menyebut, "kekasih saya adalah sahabat terbaik". Tapi jangan khawatir, asmaranya tak lagi menggebu, karena kamu tetap merasa bahagia bersama-sama. Bila kamu kacau, doi pun nggak kaget. Sebaliknya kamu juga nggak selalu setuju dg pendapatnya, hingga kadang-kadang terlihat dlm satu/dua pertengkaran hebat.

MANIA : Combination of Eros and Ludus
Jenis cinta ini nggak terlalu sulit ditemui karena banyak penganutnya. Mania adalah cinta yg obsesif, penuh cemburu, suka menguasai, dan tergantung sama pasangannya. Cinta mereka kebanyakan merusak. Cinta ini menuntut ekstra dari pasangannya. Dunia kiamat bila mereka sampai putus cinta. Jenis cinta ini dapat dirasakan saat kamu sudah merasa takut berpisah, cemburuan, dan posesif. Tahapan ini mengubah hubungan menjadi nyata. Makin banyak yg kamu ketahui tentangnya, makin kamu menyukainya. Masalahnya, kamu selalu setuju mengerjakan apa saja yg dia inginkan, sebaliknya kamu tidak pernah membiarkan dia melihat ketidaksempurnaan kamu.

PRAGMA : Combination of Ludus and Storge
Jenis cinta ini biasanya dianut oleh mereka yg punya kepribadian dewasa dan matang. Orang pragmatis adalah orang yg realis dan praktis. Karena itu, penganut cinta pragma pun begitu. Memutuskan sesuatu tanpa imbuhan romantisme sama sekali. Pragma yg rasional dan penuh perhitungan, merupakan gabungan ludus dan storge. Kalau dalam pacaran, pragma merupakan tahapan cinta ketika memasuki 12 sampai 18 bulan. Kebersamaan yg dirasakan seperti bersama seorang sahabat baik. Dalam hal ini, getar-getar cinta nggak lagi penting.

AGAPE : Combination of Eros and Storge
Agape yg selalu memberi tanpa pamrih. Cinta jenis ini menunjuk pada cinta yg kekuatannya melebihi ego dan fisik semata. Inilah cinta yg nggak mementingkan diri sendiri sama sekali. "Hanya memberi tak mengharapkan kembali".

Termasuk cinta yg manakah Anda?? Peace and Love ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

No comment - No cry
Meskipun komenmu sangat kuhargai disini :')

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...