Selasa, 22 Maret 2011

Kerja Adalah Sebuah Kehormatan


Seorang pemuda yang sedang lapar pergi menuju restoran jalanan dan iapun menyantap makanan yang telah dipesan. Saat pemuda itu makan datanglah seorang anak kecil laki-laki menjajakan kue kepada pemuda tersebut, “Pak mau beli kue, Pak?” Dengan ramah pemuda yang sedang makan menjawab “Tidak, saya sedang makan”. Anak kecil tersebut tidaklah berputus asa dengan tawaran pertama. Ia tawarkan lagi kue setelah pemuda itu selesai makan, pemuda tersebut menjawab: “Tidak Dik saya sudah kenyang”.


Setelah pemuda itu membayar ke kasir dan beranjak pergi dari warung kaki lima, anak kecil penjaja kue tidak menyerah dengan usahanya yang sudah hampir seharian menjajakan kue buatan bunda. Mungkin anak kecil ini berpikir “Saya coba lagi tawarkan kue ini kepada bapak itu, siapa tahu kue ini dijadikan oleh-oleh buat orang di rumah”. Ini adalah sebuah usaha yang gigih membantu ibunda untuk menyambung kehidupan yang serba pas-pasan ini.


Saat pemuda tadi beranjak pergi dari warung tersebut anak kecil penjaja kue menawarkan ketiga kali kue dagangan. “Pak mau beli kue saya?”, pemuda yang ditawarkan jadi risih juga untuk menolak yang ketiga kalinya, kemudian ia keluarkan uang Rp 2000,- dari dompet dan ia berikan sebagai sedekah saja. “Dik ini uang saya kasih, kuenya nggak usah saya ambil, anggap saja ini sedekahan dari saya buat adik”.

Lalu uang yang diberikan pemuda itu ia ambil dan diberikan kepada pengemis yang sedang meminta-minta. Pemuda tadi jadi bingung, lho ini anak dikasih uang kok malah dikasihkan kepada orang lain. “Kenapa kamu berikan uang tersebut, kenapa tidak kamu ambil?. Anak kecil penjaja kue tersenyum lugu menjawab, “Saya sudah berjanji sama ibu di rumah, ingin menjualkan kue buatan ibu, bukan jadi pengemis, dan saya akan bangga pulang ke rumah bertemu ibu kalau kue buatan ibu terjual habis. Dan uang yang saya berikan kepada ibu hasil usaha kerja keras saya. Ibu saya tidak suka saya jadi pengemis”.

Pemuda tadi jadi terkagum dengan kata-kata yang diucapkan anak kecil penjaja kue yang masih sangat kecil buat ukuran seorang anak yang sudah punya etos kerja bahwa “kerja itu adalah sebuah kehormatan”, kalau dia tidak sukses bekerja menjajakan kue, ia berpikir kehormatan kerja di hadapan ibunya mempunyai nilai yang kurang. Suatu pantangan bagi ibunya, bila anaknya menjadi pengemis, ia ingin setiap ia pulang ke rumah melihat ibu tersenyum menyambut kedatangannya dan senyuman bunda yang tulus ia balas dengan kerja yang terbaik dan menghasilkan uang.

Kemudian pemuda tadi memborong semua kue yang dijajakan lelaki kecil, bukan karena ia kasihan, bukan karena ia lapar tapi karena prinsip yang dimiliki oleh anak kecil itu “kerja adalah sebuah kehormatan”, ia akan mendapatkan uang kalau ia sudah bekerja dengan baik.

Makna yang bisa diambil:
Kerja bukanlah masalah uang semata, namun lebih mendalam mempunyai sesuatu arti bagi hidup kita. Kadang mata kita menjadi “hijau” melihat uang, sampai akhirnya melupakan apa arti pentingnya kebanggaan profesi yg kita miliki. Bukan masalah tinggi rendah atau besar kecilnya suatu profesi, namun yang lebih penting adalah etos kerja, dalam arti penghargaan terhadap apa yang kita kerjakan. Sekecil apapun yang kita kerjakan, sejauh itu memberikan rasa bangga di dalam diri, maka itu akan memberikan arti besar.

============================================
Sumber artikel, dari buku:
Sudarmono, Dr.(2010). Mutiara Kalbu Sebening Embun Pagi, 1001 Kisah Sumber Inspirasi. Yogyakarta: Idea Press. Volume 2. Hal. 304-306. ISBN 978-6028-686-938.

Minggu, 20 Maret 2011

I and U


Small and white. Clean and bright. You look happy to meet me.















Jumat, 18 Maret 2011

Kesedihan :'(


Kesedihan sudah pasti adalah guru yang bijaksana.

Kesedihan mengajarkan kita bahwa masih banyak yang harus kita ketahui tentang diri kita dan dunia yang mengitari kita.

Kesedihan mengajarkan kita untuk lebih menaruh perhatian, menyederhanakan hidup kita untuk menjadi lebih terbuka dalam memberikan dan menerima cinta.

Kesedihan mengajarkan kita bahwa mencintai dan memperhatikan orang lain adalah tugas kita yang paling penting di dunia ini.

Kesedihan mengajarkan kita bahwa kita hanya memiliki saat ini untuk memberitahukan orang lain bahwa kita mencintai mereka.

Ada perasaan ajaib dalam mencintai dan dicintai orang.

Aku berharap kita akan bertemu suatu hari nanti dan engkau akan memberitahukanku apa yang telah diajarkan oleh kesedihan kepadamu.

Hingga saat itu nanti.....

via:  book "Healing your grieving heart for teens"

Jadikan Tekanan Hidup Untuk Lebih Maju

Hidup memang kadang tidak memberi kita banyak pilihan. Ada saatnya kita harus menerima tekanan (presure) kehidupan. Persoalannya adalah bagaimana menyikapi tekanan itu.


Ibarat sebuah ban, jika dipompa sesuai ukuran akan bagus untuk dugunakan, tapi jika diberi tekanan angin berlebihan akan meledak. Satu hal yang kita tidak boleh lupa, jika ban itu tidak diberi tekanan berupa angin, maka ban tersebut tidak berguna.


Demikian juga hidup, tekanan bisa kita jadikan momentum untuk maju, walau selangkah demi selangkah. Umumnya orang yang mampu memanage tekanan hidup akan bersikap lebih dewasa dan akan lebih arif dalam menjalani hidup.


Tapi orang yang tidak mampu keluar dari tekanan, hidupnya biasanya akan jalan stagnan, mundur atau bahkan hancur berkeping-keping seperti ban yang kelebihan tekanan.


c0past ^_^ f0r m0tivati0n

Tersenyumlah Bersama Pikiran Positif Anda

Kita tahu hidup itu tidak selamanya bisa mengikuti kata hati kita. Ketika hidup itu diliputi rasa bahagia, pasti kita akan bisa tersenyum untuk hidup kita itu. Tapi ketika masalah – masalah hidup muncul ke hadapan kita, masih bisakah kita untuk tersenyum?



Saya rasa sebagian besar dari anda akan berkata “tidak bisa!”. Mungkin pada awalnya saya pun akan mengatakan hal yang sama “tidak bisa!”. Tapi ketika anda merubah pola pikir anda bagaimana anda bisa untuk selalu tersenyum dengan segala permasalahan yang ada, bagaimana anda bisa menyelesaikan suatu masalah itu dengan baik, segeralah anda mencoba untuk tersenyum dan menanggapi dengan positif.



Setiap anda pahami masalah itu, anda coba untuk tersenyum. Anda mencoba berusaha untuk selalu menyikapi dengan pikiran positif anda. Tidak gampang memang! Tapi ketika hal itu bisa dilakukan (positive thinking), semua bisa berubah seketika. Tadinya rasa marah dan kesal yang sangat dominan, akan berubah menjadi tenang dan anda akan kembali berfikir semua masalah itu ada jalan keluarnya. Anda akan kembali bisa tersenyum sehingga beban beban itu terasa lebih ringan dari pada yang dibayangkan.



Jadi menurut saya, dua kata “Senyum dan Selalu Berpikiran Positif” itu adalah salah satu kunci menurunkan tingkat stress dalam menjalani hidup dan saya rasa anda akan bisa lebih menghemat kerutan di wajah anda bukan?



Jadi .. tersenyumlah bersama pikiran positif anda…


c0past ^_^ f0r m0tivati0n

Kamis, 17 Maret 2011

Statusmu Hari Ini!

Sudah 2 minggu ini aku gak perduliin sms dari dy, ntahlah...aku pikir smua itu ada baiknya...biar dy sadar klo aku kecewa...dy udah aku kasih kepercayaan tapi dy kayak gitu lagi...gituuu lagiii...gak ngerti2 apa? yg sering aku bilangin ke dy...huft :(

Tapi...baca status dy hari ini...kenapa pikiranku jadi melayang dan pengen aja balas sms dy...OMG! Ini gak boleh dibiarkan begitu aja...harus bisa menahan perasaan ini...walau berat...walau tersiksa, sebenarnya...karena apa? dy...aaaaarrrggh... :s

Tuh kan...kok jadi gini lagi sih?? Apaaa coba?? Sudahlah si...lupakan dy...fokus utk skripsi aja...atau utk blog ini! meski kebanyakan juga ttg dy...hahaha...stress mode on :s why?? coz u know...i love u just the way u're...*****...kapan kmu sadari itu??

Selama ini aku slalu mengalah...mencoba ngerti apa yg kmu minta utk dimengerti! mencoba diam atas smua sikap yg kmu lakukan...memberi maaf walau sebenarnya bukan hanya aku yg salah...harusnya kmu merenungkan smua itu...seperti statusmu hari ini!

Saat malam datang
Kau juga datang...
Menyapa hati yg gamang
Karena sesuatu yg hilang

Saat bulan benderang
Kau juga menyerang...
Lewat kata dan bayang
Yg masih menerawang

Saat aku tlah merenung
Kau baru kan merenung...
Percuma sajaaa sayang
Bila masih omong kosong

Saat aku tlah berdendang
Kau baru kan mengenang...
Kemarin kemana saja sayang
Perasaan ini tlah kau buang

Tuhan...jika masih boleh kumeminta...aku ingin Engkau menyadarkan dy...walau belum tentu dy adalah yg terbaik utkku...setidaknya dy sadari smua sikap yg tlah dy perbuat! smua kata yg pernah dy ucap! janji yg takkan pernah kulupa darinya... :(

Tuhan...aku tak berharap banyak utk saat ini atau ke depan...aku menyerah dengan smua rasa kecewaku...sementara dy juga tak pernah ingin tau apa yg terjadi denganku?? aku hanya berharap smoga dy slalu bahagia...karena bahagianya adalah bahagiaku :(

smile for me...coz u know...i love u just the way u're...*****...

50 Tahun Salah Paham


Dikisahkan, disebuh gedung pertemuan yang amat megah, seorang pejabat senior istana sedang menyelenggarakan pesta ulang tahun perkawinannya yang ke-50. Peringatan kawin emas itu ramai didatangi oleh tamu-tamu penting seperti para bangsawan, pejabat istana, pedagang besar serta seniman-seniman terpandang dari seluruh pelosok negeri. Bahkan kerabat serta kolega dari kerajaan-kerajaan tetangga juga hadir. Pesta ulang tahun perkawinan pun berlangsung dengan megah dan sangat meriah.


Setelah berbagai macam hiburan ditampilkan, sampailah pada puncak acara, yaitu jamuan makan malam yang sangat mewah. Sebelum menikmati jamuan tersebut, seluruh hadirin mengikuti prosesi penyerahan hidangan istimewa dari sang pejabat istana kepada istri tercinta. Hidangan itu tak lain adalah sepotong ikan emas yang diletakkan di sebuah piring besar yang mahal. Ikan emas itu dimasak langsung oleh koki kerajaan yang sangat terkenal.

“Hadirin sekalian, ikan emas ini bukanlah ikan yang mahal. Tetapi, inilah ikan kegemaran kami berdua, sejak kami menikah dan masih belum punya apa-apa, sampai kemudian di usia perkawinan kami yang ke-50 serta dengan segala keberhasilan ini. Ikan emas ini tetap menjadi simbol kedekatan, kemesraan, kehangatan, dan cinta kasih kami yang abadi,” kata sang pejabat senior dalam pidato singkatnya.

Lalu, tibalah detik-detik yang istimewa yang mana seluruh hadirin tampak khidmat menyimak prosesi tersebut. Pejabat senior istana mengambil piring, lalu memotong bagian kepala dan ekor ikan emas. Dengan senyum mesra dan penuh kelembutan, ia berikan piring berisikan potongan kepala dan ekor ikan emas tadi kepada isterinya. Ketika tangan sang isteri menerima piring itu, serentak hadirin bertepuk tangan dengan meriah sekali. Untuk beberapa saat, mereka tampak ikut terbawa oleh suasana romantis, penuh kebahagiaan, dan mengharukan tersebut.

Namun suasana tiba-tiba jadi hening dan senyap. Samar-samar terdengar isak tangis si isteri pejabat senior. Sesaat kemudian, isak tangis itu meledak dan memecah kesunyian gedung pesta. Para tamu yang ikut tertawa bahagia mendadak jadi diam menunggu apa gerangan yang bakal terjadi. Sang pejabat tampak kikuk dan kebingungan. Lalu ia mendekati isterinya dan bertanya “Mengapa engkau menangis, isteriku?” Setelah tangisan reda, sang isteri menjelaskan “Suamiku…sudah 50 tahun usia pernikahan kita. Selama itu. aku telah dengan melayani dalam duka dan suka tanpa pernah mengeluh. Demi kasihku kepadamu, aku telah rela selalu makan kepala dan ekor ikan emas selama 50 tahun ini. Tapi sungguh tak kusangka, di hari istimewa ini engkau masih saja memberiku bagian yang sama.

Ketahuilah suamiku, itulah bagian yang paling tidak aku sukai.” tutur sang isteri. Pejabat senior terdiam dan terpana sesaat. Lalu dengan mata berkaca-kaca pula, ia berkata kepada isterinya,” Isteriku yang tercinta…50 tahun yang lalu saat aku masih miskin, kau bersedia menjadi isteriku. Aku sungguh-sungguh bahagia dan sangat mencintaimu. Sejak itu aku bersumpah pada diriku sendiri, bahwa seumur hidup aku akan bekerja keras, membahagiakanmu, membalas cinta kasih dan pengorbananmu.”

Sambil mengusap air matanya, pejabat senior itu melanjutkan, “Demi Tuhan, setiap makan ikan emas, bagian yang paling aku sukai adalah kepala dan ekornya. Tapi sejak kita menikah, aku rela menyantap bagian tubuh ikan emas itu. Semua kulakukan demi sumpahku untuk memberikan yang paling berharga buatmu.” Sang pejabat terdiam sejenak, lalu ia melanjutkan lagi “Walaupun telah hidup bersama selama 50 tahun dan selalu saling mencintai, ternyata kita tidak cukup saling memahami. Maafkan saya, hingga detik ini belum tahu bagaimana cara membuatmu bahagia.” Akhirnya, sang pejabat memeluk isterinya dengan erat. Tamutamu terhormat pun tersentuh hatinya melihat keharuan tadi dan mereka kemudian bersulang untuk menghormati kedua pasangan tersebut.
……………………

Arti cerita diatas:
Bisa saja, sepasang suami - isteri saling mencintai dan hidup serumah selama bertahun-tahun lamanya. Tetapi jika di antaranya tidak ada saling keterbukaan dalam komunikasi, maka kemesraan mereka sesungguhnya rawan dengan konflik. Kebiasaan memendam masalah itu cukup riskan karena seperti menyimpan bom waktu dalam keluarga. Kalau perbedaan tetap disimpan sebagai ganjalan dihati, tidak pernah dibiacarakan secara tulus dan terbuka, dan ketidakpuasan terus bermunculan, maka konflik akan semakin tak tertahankan dan akhirnya bisa meledak. Jika keadaan sudah seperti ini, tentulah luka yang ditimbulkan akan semakin dalam dan terasa lebih menyakitkan. Kita haruslah selalu membangun pola komunikasi yang terbuka dengan dilandasi kasih, kejujuran, kesetiaan, kepercayaan, pengertian dan kebiasaan berpikir positif

============================================
Sumber artikel, dari buku:
Sudarmono, Dr.(2010). Mutiara Kalbu Sebening Embun Pagi, 1001 Kisah Sumber Inspirasi. Yogyakarta: Idea Press. Volume 2. Hal. 349-350. ISBN 978-6028-686-938.

Rabu, 16 Maret 2011

Met Siang

Hari ini sama seperti kemarin, buka komputer, update status di facebook, entri puisi2 di blog ini nih...apalagi ya...? hm, gak ketinggalan sambil dengerin lagu2 yg ada...hahaha :D

Gini deh klo mulai nyusun skripsi...kerjaannya di depan komputer atau laptop deh...gak perduli berapa jam...tapi tetep lah, ada istirahatnya juga...pegel ui ni badan... :(

Ohya, berhubung lagi nih...kuliah cuma 1-2 matkul aja...jadi ya secara otomatis kerjaan tiap hari kebanyakan di rumah...kecuali ada yg ngajak jalan...asyik juga lah... :)

Hm...sekarang dah siang ya...sampe gak nyadar klo keringat bercucuran saking panasnya...huaaa lebai deh...hehehe...tapi it's oke lah daripada gak sama skali...iya toh?!?!?!

Oke...met siang semuanya ya...!!! ^_^

LupH

.......♥#########♥
.....♥#############♥
...♥###############♥
..♥#################♥..................♥###♥
..♥##################♥..........♥#########♥
....♥#################♥......♥#############♥
.......♥################♥..♥###############♥
.........♥################♥################♥
...........♥###############################♥
..............♥############################♥
................♥#########################♥
..................♥######################♥
....................♥###################♥
......................♥#################♥
........................♥##############♥
...........................♥###########♥
.............................♥#########♥
...............................♥#######♥
.................................♥#####♥
...................................♥###♥
.....................................♥#♥
.......................................♥
.......................................♥
.....................................♥
...................................♥
.................................♥
..............................♥
............................♥
.........................♥
......................♥
..................♥
.............♥
.........♥
......♥
....♥
......♥......................♥...♥
..........♥.............♥............♥
..............♥.....♥...................♥
...................♥.....................♥
................♥......♥..............♥
..............♥.............♥....♥
.............♥
...........♥
..........♥
.........♥
.........♥
..........♥
..............♥
...................♥
..........................♥
...............................♥
.................................♥
.................................♥
..............................♥
.........................♥
..................♥
.............♥
.....♥
...♥
.♥.............................♥....♥
♥..........................♥...........♥
.♥......................♥................♥
..♥...................♥..................♥
...♥....................................♥
.....♥................................♥
........♥.........................♥
...........♥...................♥
..............♥..............♥
..................♥.......♥
.....................♥..♥
.......................♥

Selasa, 15 Maret 2011

24 Tips Menempuh Kehidupan

Ni tips-tips nya...

  1. Jangan tertarik kepada seseorang karena parasnya, sebab keelokan paras dapat menyesatkan. Jangan pula tertarik kepada kekayaannya, karena kekayaan dapat musnah. Tertariklah kepada seseorang yang dapat membuatmu tersenyum, karena hanya senyum yang dapat membuat hari-hari yang gelap menjadi cerah. Semoga kamu menemukan orang seperti itu.

  2. Ada saat-saat dalam hidup ketika kamu sangat merindukan seseorang sehingga ingin hati menjemputnya dari alam mimpi dan memeluknya dalam alam nyata. Semoga kamu memimpikan orang seperti itu.

  3. Bermimpilah tentang apa yang ingin kamu impikan, pergilah ke tempat kamu ingin pergi, jadilah seperti yang kamu inginkan,karena kamu hanya memiliki satu kehidupan dan satu kesempatan untuk melakukan hal-hal yang ingin kamu lakukan.

  4. Semoga kamu mendapatkan kebahagiaan yang cukup untuk membuatmu baik hati, cobaan yang cukup untuk membuatmu kuat, kesedihan yang cukup untuk membuatmu manusiawi, pengharapan yang cukup untuk membuatmu bahagia dan uang yang cukup untuk membeli hadiah-hadiah.

  5. Ketika satu pintu kebahagiaan tertutup, pintu yang lain dibukakan. Tetapi acapkali kita terpaku terlalu lama pada pintu yang tertutup sehingga tidak melihat pintu lain yang dibukakan bagi kita.

  6. Sahabat terbaik adalah dia yang dapat duduk berayun-ayun di beranda bersamamu, tanpa mengucapkan sepatah katapun, dan kemudian kamu meninggalkannya dengan perasaan telah bercakap-cakap lama dengannya.

  7. Sungguh benar bahwa kita tidak tahu apa yang kita milik sampai kita kehilangannya, tetapi sungguh benar pula bahwa kita tidak tahu apa yang belum pernah kita miliki sampai kita mendapatkannya.

  8. Pandanglah segala sesuatu dari kacamata orang lain. Apabila hal itu menyakitkan hatimu, sangat mungkin hal itu menyakitkan hati orang itupula.

  9. Kata-kata yang diucapkan sembarangan dapat menyulut perselisihan. Kata-kata yang kejam dapat menghancurkan suatu kehidupan. Kata-kata yang diucapkan pada tempatnya dapat meredakan ketegangan. Kata-kata yang penuh cinta dapat menyembuhkan dan memberkahi.

  10. Awal dari cinta adalah membiarkan orang yang kita cinta menjadi dirinya sendiri, dan tidak merubahnya menjadi gambaran yang kita inginkan.Jika tidak, kita hanya mencintai pantulan diri sendiri yang kita temukan di dalam dia.

  11. Orang-orang yang paling berbahagia tidak selalu memiliki hal-hal terbaik, mereka hanya berusaha menjadikan yang terbaik dari setiap hal yang hadir dalam hidupnya.

  12. Mungkin Tuhan menginginkan kita bertemu dengan beberapa orang yang salah sebelum bertemu dengan orang yang tepat, kita harus mengerti bagaimana berterima kasih atas karunia itu.

  13. Hanya diperlukan waktu semenit untuk menaksir seseorang, sejam untuk menyukai seseorang dan sehari untuk mencintai seseorang tetapi diperlukan waktu seumur hidup untuk melupakan seseorang.

  14. Kebahagiaan tersedia bagi mereka yang menangis, mereka yang disakiti hatinya, mereka yang mencari dan mereka yang mencoba. Karena hanya mereka itulah yang menghargai pentingnya orang-orang yang pernah hadir dalam hidup mereka.

  15. Cinta adalah jika kamu kehilangan rasa, gairah, romantika da masih tetap peduli padanya.

  16. Hal yang menyedihkan dalam hidup adalah ketika kamu bertemu seseorang yang sangat berarti bagimu dan mendapati pada akhirnya bahwa tidak demikian adanya dan kamu harus melepaskannya.

  17. Cinta dimulai dengan sebuah senyuman, bertumbuh dengan sebuah ciuman dan berakhir dengan tetesan air mata.

  18. Cinta datang kepada mereka yang masih berharap sekalipun pernah dikecewakan, kepada mereka yang masih percaya sekalipun pernah dikhianati, kepada mereka yang masih mencintai sekalipun pernah disakiti hatinya.

  19. Sungguh menyakitkan mencintai seseorang yang tidak mencintaimu,tetapi yang lebih menyakitkan adalah mencintai seseorang dan tidak pernah memiliki keberanian untuk mengutarakan cintamu kepadanya.

  20. Masa depan yang cerah selalu tergantung kepada masa lalu yang dilupakan, kamu tidak dapat hidup terus dengan baik jika kamu tidak melupakan kegagalan dan sakit hati di masa lalu.

  21. Jangan pernah mengucapkan selamat tinggal jika kamu masih mau mencoba, jangan pernah menyerah jika kamu masih merasa sanggup jangan pernah mengatakan kamu tidak mencintainya lagi jika kamu masih tidak dapat melupakannya.

  22. Memberikan seluruh cintamu kepada seseorang bukanlah jaminan dia akan membalas cintamu! Jangan mengharapkan balasan cinta, tunggulah sampai cinta berkembang di hatinya, tetapi jika tidak, berbahagialah karena cinta tumbuh dihatimu.

  23. Ada hal-hal yang sangat ingin kamu dengar tetapi tidak akan pernah kamu dengar dari orang yang kamu harapkan untuk mengatakannya. Namun demikian janganlah menulikan telinga untuk mendengar dari orang yang mengatakannya dengan sepenuh hati.

  24. Waktu kamu lahir, kamu menangis dan orang-orang disekelilingmu tersenyum - jalanilah hidupmu sehingga pada waktu kamu meninggal, kamu tersenyum dan orang-orang disekelilingmu menangis

..m0ga aja bisa,amin....copast for motivation..

Senin, 14 Maret 2011

Mengelola Perasaan

Ada 10 cara mengelola perasaan
1.Biarkan saja
Biarkan saja. Orang tidak akan mati karena perasaan. Semua pasti akan hilang dengan sendirinya, dengan berlalunya waktu.

2.Ambil napas
Tarik napas dalam perlahan-lahan. Tahan sampai hitungan ke-5. Hembuskan dari mulut perlahan-lahan. Lakukan berulang kali hingga lega.

3.Mencurahkan isi hati
Curahkan perasaanmu kepada orang yang dapat dipercayai. Jangan sampai mempercayakan rahasia hatimu kepada orang yang baru kamu kenal.

4.Menyelesaikan masalah
Banyak perasaan berasal dari masa lampau yang belum diselesaikan, atau dari kekhawatiran tentang masa depan. Kamu tidak perlu bergantung kepada masa lalu dan membayangkan masa depan. Lakukan apa yang dapat kamu lakukan pada hari ini.

5.Mencek dengan kenyataan
Seringkali perasaan berhubungan dengan keyakinan keliru dan rasa takut. Tidak ada hubungan antara perasaan dengan kenyataan. Karena itu pelajari faktanya, dan bertindaklah rasional.

6.Tidak menyalahkan orang lain atau keadaan
Menyalahkan orang lain atau keadaan berarti tidak bertanggung jawab, atau mengelak dari tanggung jawab. Kelolalah perasaan dengan tidak meyalahkan orang lain atau keadaan.

7.Menuliskan
Menulis adalah cara yang baik untuk mengeluarkan beban perasaan. Tulislah perasaanmu dalam buku catatan harian. Beri tanggal. Atau tulislah surat kepada orang yang menyebabkanmu marah. Jangan kirim dulu surat itu. Baca ulang. Perbaiki hal-hal yang sifatnya menuduh, menghakimi, dan mempermasalahkannya. Bereskan persoalan dan berdamailah.

8.Tidak mengasihani diri sendiri
Jangan mengasihani diri sendiri, dan meminta perhatian orang lain agar mengasihanimu, atau bersimpati kepadamu. Kamu tidak dapat melatih dirimu bagaimana mengelola perasaan secara efektif.

9.Mengubah cara pandang
Suasana hati yang negatif dapat disebabkan cara pandang yang keliru. Ubahlah cara pandang negatif menjadi cara pandang positif. Lihat dari sisi kebaikannya, dan bukan keburukannya.

10.Melakukan sesuatu yang menyenangkan
Tidak perlu menunggu orang lain untuk menghiburmu. Hiburlah diri sendiri dengan berbagai kegiatan yang menyenangkan.

seLamat mencoba...keeP spiRit yaH...!!! ^_^

Mengungkapkan Perasaan

Setiap orang, baik anak remaja maupun dewasa, mempunyai perasaan. Bahkan bayi pun mempunyai perasaan. Bayi yang terkejut atau sakit akan menangis. Bayi yang sehat akan merasa senang dan tersenyum.

Perasaan itu bermacam-macam. Ada perasaan gembira, bahagia, sedih, marah, takut, tegang, gelisah, benci, dan lain-lain. Orang sehat akan mengalami perasaan sesuai dengan keadaannya saat itu. Ketika lulus ujian, ia akan merasa gembira. Jika seorang anggota keluarga meninggal, pasti ia akan merasa sedih dan kehilangan.

Asal pada tempatnya, perasaan itu baik. Takut bukan suatu perasaan jelek, asal wajar. Sedih memang tidak menyenangkan, tetapi orang tidak perlu malu menangis karena sedih. Orang juga tidak perlu menyembunyikan rasa gembiranya, ketika lulus ujian. Asalkan tahu menempatkan diri, orang bebas mengungkapkan perasaannya.

Ada pula perasaan terpendam, seperti sakit hati, benci, dendam, kurang percaya diri, rendah diri, dan rasa bersalah yang berakar dari pengalaman yang tidak menyenangkan. Suatu waktu itu muncul dalam bentuk kemarahan atau kesedihan yang tidak terkendali. Perasaan seperti itu merugikan diri sendiri dan orang lain.

Karena itu, perlu penyelesaian persoalan pribadi, dengan meminta pertolonganorang lain yang dapat dipercayai, dan terampil menolong melalui ke lima pancra indra (melihat dengan mata, mendengar dengan telinga, mencium dengan hidung, meraba dengan kulit, dan mengecap dengan lidah). Semua peristiwa tersebut sesudah ditangkap oleh pancra indra, diteruskan ke otak, sehingga kita menyadari adanya peristiwa tersebut. Pada saat yang sama timbul perasaan tertentu, sebelum kita mengambil keputusan untuk bertindak.

Seseorang dapat bertindak setelah mempertimbangkan perasaannya, atau setelah dipikir dahulu. Dalam proses berpikir, dilakukan telaahan, sebab dan akibat dari perbuatan itu, yaitu manfaat atau kerugiannya bagi diri sendiri dan orang lain.

Anak kecil seringkali bertindak tanpa berpikir terlebih dahulu. Ketika anak makin besar, ia mulai belajar berpikir dahulu, baru bertindak. Ada juga orang yang sudah berusia dewasa, tetapi masih bertindak tanpa berpikir dahulu. Akibatnya, merugikan diri sendiri dan orang lain.perlu pengendalian diri agar dapat bertindak berdasarkan pertimbangan akal sehat.

Perasaan sangat mudah berubah, apalagi pada orang yang emosinya tidak stabil. Remaja seringkali dikendalikan oleh perasaannya. Pengambilan keputusan sering didasarkan perasaannnya pada saat itu. Akibatnya, salah mengambil keputusan sehingga merugikan dirinya atau orang lain.

Oleh karena itu, remaja perlu melatih cara mengelola perasaannya, dan belajar mengendalikan dirinya.

Mengatasi Masalah

Remaja perlu berkembang menjadi dewasa tanpa mengalami banyak konflik dan stress, yang dapat menghambat perkembangan dirinya. Ia perlu terampil mengatasi masalahnya dan masalah hubungannya dengan orangtua. Ia perlu mengembangkan jati dirinya di satu pihak, dan menghormati otoritas orang tua di pihak lain.

Remaja perlu berlatih mengelola perasaannya, seperti rasa sedih, merah, jengkel, kecewa, benci, dan sebagainya, sehingga tidak mencari penyelesaian dengan lari dari masalah. Remaja juga perlu belajar menunda keinginannya dan tidak memaksakan kehendak. Ia harus bersikap realistis, tidak banyak menuntut dan hidup sesuai kenyataan.

Hidup adalah kenyataan. Kita perlu terampil mengatasi masalah. Kita belajar cara mengelola perasaan dan mengendalikan diri. Kita mengatasi masalah sehari-hari agar hal itu tidak menghambat langkah maju. Kita hrus terus bergerak maju, tidak boleh berhenti, diam di tempat, apalagi mundur. Jika kita terus bergerak dan mengikuti jalan kehidupan ini, pastilah kita dapat mencapai tujuan yang telah kita tetapkan.

Sabtu, 12 Maret 2011

Mampukah Kita Mencintai Tanpa Syarat?

Dilihat dari usianya beliau sudah tidak muda lagi, usia yang sudah senja bahkan sudah mendekati malam, Pak Suyatno 58 tahun kesehariannya diisi dengan merawat istrinya yang sakit istrinya juga sudah tua. mereka menikah sudah lebih 32 tahun Mereka dikarunia 4 orang anak di sinilah awal cobaan menerpa, setelah istrinya melahirkan anak ke empat tiba-tiba kakinya lumpuh dan tidak bisa digerakkan itu terjadi selama 2 tahun, menginjak tahun ketiga seluruh tubuhnya menjadi lemah bahkan terasa tidak bertulang lidahnyapun sudah tidak bisa digerakkan lagi. Setiap hari Pak Suyatno memandikan, membersihkan kotoran, menyuapi, dan mengangkat istrinya ke atas tempat tidur.

Sebelum berangkat kerja dia letakkan istrinya didepan TV supaya istrinya tidak merasa kesepian. Walau istrinya tidak dapat bicara tapi dia selalu melihat istrinya tersenyum, untunglah tempat usaha Pak Suyatno tidak begitu jauh dari rumahnya sehingga siang hari dia pulang untuk menyuapi istrinya makan siang. Sorenya dia pulang memandikan istrinya, mengganti pakaian dan selepas maghrib dia temani istrinya nonton televisi sambil menceritakan apaapa saja yang dia alami seharian. Walaupun istrinya hanya bisa memandang tapi tidak bisa menanggapi, Pak Suyatno sudah cukup senang bahkan dia selalu menggoda istrinya setiap berangkat tidur.

Rutinitas ini dilakukan Pak Suyatno lebih kurang 25 tahun, dengan sabar dia merawat istrinya bahkan sambil membesarkan ke empat buah hati mereka, sekarang anak-anak mereka sudah dewasa tinggal si bungsu yg masih kuliah. Pada suatu hari ke empat anak Suyatno berkumpul dirumah orang tua mereka sambil menjenguk ibunya. Karena setelah anak mereka menikah sudah tinggal dengan keluarga masingmasing dan Pak Suyatno memutuskan ibu mereka dia yg merawat, yang dia inginkan hanya satu semua anaknya berhasil.

Dengan kalimat yg cukup hati-hati anak yg sulung berkata “Pak kami ingin sekali merawat ibu , semenjak kami kecil melihat bapak merawat ibu tidak ada sedikitpun keluhan keluar dari bibir bapak.........bahkan bapak tidak ijinkan kami menjaga ibu” . Dengan air mata berlinang anak itu melanjutkan kata-katanya” sudah yg keempat kalinya kami mengijinkan bapak menikah lagi, kami rasa ibupun akan mengijinkannya, kapan bapak menikmati masa tua bapak dengan berkorban seperti ini kami sudah tidak tega melihat bapak, kami janji kami akan merawat ibu sebaik-baik secara bergantian”.

Pak Suyatno menjawab hal yg sama sekali tidak diduga anak2 mereka. “Anak-anakku ......... Jikalau perkawinan dan hidup didunia ini hanya untuk nafsu, mungkin bapak akan menikah......tapi ketahuilah dengan adanya ibu kalian disampingku itu sudah lebih dari cukup, dia telah melahirkan kalian…sejenak kerongkongannya tersekat,... kalian yg selalu kurindukan hadir didunia ini dengan penuh cinta yg tidak satupun dapat menghargai dengan apapun. coba kalian tanya ibumu apakah dia menginginkan keadaanya seperti ini. Kalian menginginkan bapak bahagia, apakah bathin bapak bisa bahagia meninggalkan ibumu dengan keadaanya sekarang, kalian menginginkan bapak yg masih diberi Tuhan kesehatan dirawat oleh orang lain, bagaimana dengan ibumu yg masih sakit.”

Sejenak meledaklah tangis anak-anak Pak Suyatno. Merekapun melihat butiran2 kecil jatuh dipelupuk mata Ibu Suyatno.. dengan pilu ditatapnya mata suami yg sangat dicintainya itu. Sampailah akhirnya Pak Suyatno diundang oleh salah satu stasiun TV swasta untuk menjadi nara sumber dan merekapun mengajukan pertanyaan kepada Suyatno kenapa mampu bertahan selama 25 tahun merawat Istrinya yg sudah tidak bisa apa-apa. disaat itulah meledak tangis beliau dengan tamu yg hadir di studio. kebanyakan kaum perempuanpun tidak sanggup menahan haru disitulah pak Suyatno bercerita;

***Jika manusia didunia ini mengagungkan sebuah cinta dalam perkawinannya, tetapi tidak mau memberi (memberi waktu, tenaga, pikiran, perhatian ) adalah kesia-siaan. Saya memilih istri saya menjadi pendamping hidup saya, dan sewaktu dia sehat diapun dengan sabar merawat saya, mencintai saya dengan hati dan batinnya bukan dengan mata, dan dia memberi saya 4 orang anak yg lucu-lucu. Sekarang dia sakit karena berkorban untuk cinta kita bersama…dan itu merupakan ujian bagi saya, apakah saya dapat memegang komitmen untuk mencintainya apa adanya, sehatpun belum tentu saya mencari penggantinya apalagi dia sakit ***

============================================
Sumber artikel, dari buku:
Sudarmono, Dr.(2010). Mutiara Kalbu Sebening Embun Pagi, 1001 Kisah Sumber Inspirasi. Yogyakarta: Idea Press. Volume 2. Hal. 301-303. ISBN 978-6028-686-938.

Debat Hati!

perdebatan dua hati yg tak pernah menyatu menyadarkanku bahwa hati itu bukan permainan, hati itu perasaan yg paling berpengaruh dalam kehidupan. sementara hatimu, aku tak pernah tahu apa yg didebatkannya, mungkin bukan hati melainkan akal yg berperan besar. aku bisa apa?
hanya menyampaikan isi hati lewat kata, yg mungkin tak kau rasa, hanya melayang di ambang batas perasaan dan akalmu. ah, sudahlah...tak perlu berdebat lagi, kini semua tinggal puing-puing hati yg tak perlu kau sambung kembali. aku menyerah, sudah cukup sampai disini. aku pergi!

Jumat, 11 Maret 2011

Kau Kan Tahu Akanku

jujurLah sekaLipun harus teRhempas.
bicaraLah sekaLipun harus teRbungkam.
terbangLah sekaLipun harus teRjatuh.
bangkitLah sekaLipun harus teRtatih.
kenangLah sekaLipun haRus teRsentak.
seketika itu...kau kan tahu akanku.

jujur saja dengan apa yg kau rasa.
tak perlu menutupinya dariku.
tak perlu membohongi perasaanku.

bicara saja apa yg ada di benakmu.
tak perlu kau tunggu aku bertanya.
tak perlu kau diam tanpa kata.

terbang saja selagi ada waktumu.
tak perlu takut tuk tanpa aku.
tak perlu berteman sayap indahku.

bangkit saja bila ada kesempatan.
tak perlu ragu tuk raih itu.
tak perlu berpaling dari arahku.

kenang saja tiap helai yg menyapa.
tak perlu merasa asing akan itu.
tak perlu membuang semua yg ada.

dan kau...kan tahu akanku...akanku.
yg slalu mencoba jujur dibalik hati.
yg ingin bicara bukan dg kasat mata.
yg ingin terbang bebas lepas dahaga.
yg slalu mencoba bangkit dibalik rapuh.
yg terkenang akan cerita saat bersama.

Rabu, 09 Maret 2011

About Randayan Island and You

Hm...3 hari disana cukup seru walau s0me0ne itu...gak slalu menemani...tapi alunan gitarnya udah cukuplah menemani...suaranya...ya, karna dia...si mau pergi! aneh ya? padahal dia hanya teman...buatku sih teman spesial...coz u know lah what i mean?!?!

0hya...saat menulis ini jadi ingat awal2 nulis di blog...beberapa hari...dan tgl itu...06 maret...hm, itu ultahnya...ya, si hanya ucapin lewat sms aja...gak mampu tuk bicara langsung...alny ada yg nyinggung ttg cLbk gitu...padahal memang masih c****

Hm...qt benar2 liburan lah di puLau Randayan tu...rame2 yg cewk 1 kamar, yg cowk juga 1 kamar...sampe kena cas gara2 jumlah orangnya kebanyakan...maklum, gak disewa dari awal sih...tapi gpplah...masak2 bareng...makan2 bareng...smua lah...senang dan sedih juga!

Ni foto-foto puLau Randayan...






Yg ini foto-foto si...agak narsis dikit boleh donk...hehehe...^_^






kLo yg ini ni...foto-foto s0me0ne yg sering si ceritain...gpp deh dipajang disini...walaupun fotonya rata2 diambil dari sisi belakang...ya, mau gimana lagi...maybe i just too hope u will be the last for me...OMG!! what's on my mind?!?!




Jumat, 04 Maret 2011

Go to Randayan isLand

Hari ini, 040311
Aku dan teman-teman pergi ke Pulau Randayan. Liburan bersama ^_^
Awalnya sih aku gak mau pergi tapi karna diajak s0me0ne, jadinya pergi deh, hehe..
Lumayan rame lah, hampir 25 orang yg pergi. Disini senang, disana senang, dimana-mana hatiku senang! Sya la la..








Selasa, 01 Maret 2011

ASK [2]

ASK
Pada detik yg pertemukan kita
Pada menit yg mulai bertegur sapa
Pada jam yg berbicara
Pada hari yg penuh canda tawa

ASK
Pada minggu yg mulai menanam rasa
Pada bulan yg bercerita
Pada tahun yg tetap menunggu cinta
Pada hati yg diam tanpa kata

ASK [1]

Bagaimana caranya agar kamu tahu
Bahwa kamu lebih dari indah di dalam hati ini
Lewat lagu ini,ku ingin kamu mengerti
Aku sayang kamu
Kuingin bersamamu
Meski ku tak pernah tahu
Kuc0ba tuk berharap

Liriknya bagus tapi belum dapat lagu utuhnya..suka lah dengan lagu2 Nikita..

MareT

sudah bulan maret ternyata..begitu cepatnya waktu bergulir..tanpa terasa sebentar lagi..seperti beberapa tahun yg lalu..hanya bisa mengucap salam tanpa kasih..

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...