Jumat, 20 Juli 2012

Jurus Jitu Puasa Sehat

Puasa adalah metode diet asli ciptaan Tuhan jika kita benar-benar menjalankannya maka manfaatnya pasti luar biasa bagi kesehatan kita. Agar dapat sukses diet puasa, ada beberapa jurus yang harus dilancarkan.

Jurus seperti apakah itu? Yuk simak tips dari ahli gizi di Banjarmasin seperti ditulisnya di grup facebook Gerakan Sadar Gizi (by Promuno).

1. Niatkan puasa dengan sungguh-sungguh dan iklas hanya mengharap ridho Allah SWT.

2. Jangan pernah lewatkan dan segerakan Makan Buka Puasa, jangan pernah lewatkan Makan Sahur dan akhirkan waktunya.

3. Pegang prinsip ini dengan teguh, "berhenti makan sebelum kenyang". Jangan pernah sekali-kali makan sampai kekenyangan. Kita berhenti makan sebelum kenyang agar gizi kita tercukupi, maka makanlah dengan cara porsi kecil tapi sering. Ketika tanda Buka tiba cukup makan dengan Kue ringan atau lebih baik 3 biji kurma dan minum ½ -1 gelas air hangat atau air kelapa, Habis Sholat Magrib makan utama 1, Setelah Tarawih makan utama 2 dan Makan Sahur makan utama 3, Sebelum imsak makan kue ringan atau bisa juga Kurma.

4. Cukupi kebutuhan air dengan minum air sedikit demi sedikit tapi sering agar perut tidak kembung / merasa penuh tapi kebutuhan cairan terpenuhi tiap jam minimal 1 gelas.

5. Karena waktu makan terbatas maka pilih makanan yang memenuhi unsur zat gizi dengan tepat setiap makan, pastikan ada sumber tenaga (karbohidrat, lemak), sumber pembangun (protein) dan sumber pengatur (vitamin dan mineral).

Selamat berpuasa bagi yang menjalankannya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

No comment - No cry
Meskipun komenmu sangat kuhargai disini :')

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...