Senin, 14 Maret 2011

Mengatasi Masalah

Remaja perlu berkembang menjadi dewasa tanpa mengalami banyak konflik dan stress, yang dapat menghambat perkembangan dirinya. Ia perlu terampil mengatasi masalahnya dan masalah hubungannya dengan orangtua. Ia perlu mengembangkan jati dirinya di satu pihak, dan menghormati otoritas orang tua di pihak lain.

Remaja perlu berlatih mengelola perasaannya, seperti rasa sedih, merah, jengkel, kecewa, benci, dan sebagainya, sehingga tidak mencari penyelesaian dengan lari dari masalah. Remaja juga perlu belajar menunda keinginannya dan tidak memaksakan kehendak. Ia harus bersikap realistis, tidak banyak menuntut dan hidup sesuai kenyataan.

Hidup adalah kenyataan. Kita perlu terampil mengatasi masalah. Kita belajar cara mengelola perasaan dan mengendalikan diri. Kita mengatasi masalah sehari-hari agar hal itu tidak menghambat langkah maju. Kita hrus terus bergerak maju, tidak boleh berhenti, diam di tempat, apalagi mundur. Jika kita terus bergerak dan mengikuti jalan kehidupan ini, pastilah kita dapat mencapai tujuan yang telah kita tetapkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

No comment - No cry
Meskipun komenmu sangat kuhargai disini :')

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...