Senin, 14 Maret 2011

Mengelola Perasaan

Ada 10 cara mengelola perasaan
1.Biarkan saja
Biarkan saja. Orang tidak akan mati karena perasaan. Semua pasti akan hilang dengan sendirinya, dengan berlalunya waktu.

2.Ambil napas
Tarik napas dalam perlahan-lahan. Tahan sampai hitungan ke-5. Hembuskan dari mulut perlahan-lahan. Lakukan berulang kali hingga lega.

3.Mencurahkan isi hati
Curahkan perasaanmu kepada orang yang dapat dipercayai. Jangan sampai mempercayakan rahasia hatimu kepada orang yang baru kamu kenal.

4.Menyelesaikan masalah
Banyak perasaan berasal dari masa lampau yang belum diselesaikan, atau dari kekhawatiran tentang masa depan. Kamu tidak perlu bergantung kepada masa lalu dan membayangkan masa depan. Lakukan apa yang dapat kamu lakukan pada hari ini.

5.Mencek dengan kenyataan
Seringkali perasaan berhubungan dengan keyakinan keliru dan rasa takut. Tidak ada hubungan antara perasaan dengan kenyataan. Karena itu pelajari faktanya, dan bertindaklah rasional.

6.Tidak menyalahkan orang lain atau keadaan
Menyalahkan orang lain atau keadaan berarti tidak bertanggung jawab, atau mengelak dari tanggung jawab. Kelolalah perasaan dengan tidak meyalahkan orang lain atau keadaan.

7.Menuliskan
Menulis adalah cara yang baik untuk mengeluarkan beban perasaan. Tulislah perasaanmu dalam buku catatan harian. Beri tanggal. Atau tulislah surat kepada orang yang menyebabkanmu marah. Jangan kirim dulu surat itu. Baca ulang. Perbaiki hal-hal yang sifatnya menuduh, menghakimi, dan mempermasalahkannya. Bereskan persoalan dan berdamailah.

8.Tidak mengasihani diri sendiri
Jangan mengasihani diri sendiri, dan meminta perhatian orang lain agar mengasihanimu, atau bersimpati kepadamu. Kamu tidak dapat melatih dirimu bagaimana mengelola perasaan secara efektif.

9.Mengubah cara pandang
Suasana hati yang negatif dapat disebabkan cara pandang yang keliru. Ubahlah cara pandang negatif menjadi cara pandang positif. Lihat dari sisi kebaikannya, dan bukan keburukannya.

10.Melakukan sesuatu yang menyenangkan
Tidak perlu menunggu orang lain untuk menghiburmu. Hiburlah diri sendiri dengan berbagai kegiatan yang menyenangkan.

seLamat mencoba...keeP spiRit yaH...!!! ^_^

2 komentar:

No comment - No cry
Meskipun komenmu sangat kuhargai disini :')

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...