Senin, 24 September 2012

Terduga Teroris Pontianak (Melawi) Ditangkap

Terduga teroris bernama Anggri Pamungkas, warga Surakarta tiba di Pontianak dengan menggunakan Mobil Baracuda dikawal anggota Densus 88 dan Polda Kalbar, Minggu (23/9/2012). Penangkapan Anggri Pamungkas dilakukan Densus 88 dan dibantu dari Polda Kalbar.
 
Anggri tiba di Kota Pontianak dibawa menggunakan kendaraan khusus melalui jalur darat, tiba sekitar pukul 04.00 WIB. Tersangka teroris tersebut ditangkap di kebun sawit di perbatasan Desa Kobra dan Bloyang Kecamatan Belimbing saat sedang berboncengan dengan pamannya, Kusmardi, warga Desa Bloyang Kecamatan Belimbing Kabupaten Melawi sekitar pukul 16.56 WIB menggunakan sepeda motor KB 3934 JI. 

Menurut Kapolda Kalbar, Brigjenpol Unggung Cahyono, penangkapan teroris dilakukan Sabtu (22/9/2012) tepat pukul 16.56 WIB di perbatasan Desa Kobra dengan Desa Bloyang Kecamatan Belimbing Kabupaten Melawi oleh Densus 88 Mabes Polri diikutsertakan Polda Kalbar.

"Berdasarkan keterangan Densus 88 tersangka teroris yang ditangkap ini merupakan jaringan kaitan dengan teroris Solo dan Jakarta beberapa waktu lalu," ungkap Unggung.

Menurutnya penangkapan yang dilakukan di kebun sawit di perbatasan desa tersebut tersangka menggunakan sepeda motor. Ia menjelaskan yang bersangkutan datang di Kalbar tanggal 3 September menggunakan kapal Marisa Nusantara yang turun di Pontianak dilanjutkan berangkat menggunakan bus menuju Melawi.

"Tersangka menuju ke Melawi menggunakan bus dari Pontianak rencana siang hari namun dibatalkan dan turun dan ia melanjutkan pada malam hari," katanya.

Sampai di Nanga Pinoh baru bersangkutan menuju ke rumah saudaranya tersebut. "Untuk penangkapan satu orang tidak ada korban jiwa. Saat ini jajaran di Polres sedang melakukan penyisiran di lokasi penangkapan rumah dan lokasi kediaman saudaranya tersebut," ujarnya.

Untuk mencegah terduga teroris lain yang mungkin lari ke Malaysia melalui Kalimantan Barat, kini Polda Kalbar pun meningkatkan pengamanan di daerah perbatasan Kalbar dan Malaysia.

Anggri sendiri telah menjalani pemeriksaan di Mapolda Kalimantan Barat dan akan segera dibawa ke Mabes Polri di Jakarta dengan menggunakan pesawat. Lihat foto Anggri yang dikawal ketat Densus 88 dan petugas Polda Kalbar berikut ini . . .

Penangkapan teroris di Kalimantan Barat.

Sehari sebelumnya, Sabtu (22/9/2012), Densus 88 juga menangkap 8 orang terduga teroris di Solo, Jawa Tengah. Di rumah salah satu teroris itu polisi menemukan 11 detonator, 4 bom pipa aktif, bahan kimia, belerang, bom cair, nitrobileserin, bahan campuran untuk bom, serta buku-buku jihad.

Dalam penangkapan tidak adanya penembakan karena tersangka sudah diketahui dan diintai dan dilakukan penyergapan di kebun sawit.

"Untuk barang bukti belum dilaporkan, sudah diperintahkan kepada kapolres untuk melaksanakan penyisiran. Peran dari tersangka sedang didalami, sedangkan penembakan tidak ada karena tersangka diikuti sedang berboncengan dengan pamannya," katanya.

Hasil pemeriksaan sementara, tersangka ke Kalbar hanya untuk melarikan diri dan tidak ada target untuk melakukan pengancaman maupun peledakan di Kalbar.
(dari berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

No comment - No cry
Meskipun komenmu sangat kuhargai disini :')

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...